CARA MERAWAT MOTOR YANG BENAR


Layaknya pacar, sepeda motor juga butuh diamati. Yah, janganlah menjadi pengguna yang culas, yang hanya memanfaatkannya saja tanpa memberinya perhatian. Dapat-dapat jikalau kalian luput, si motor dapat ngambek. Tahu kan, jikalau udah ngambek umumnya ngapain? Ya, diem aja. Bergeming. Untuk menghindari ngambeknya motor, kalian haruslah merawat dan memerhatikannya sepenuh beri. Nah, kali ini aku akan berbagi kiat ringan untuk merawat motor biar intensitas ngambeknya sedikit.

Cuci Motor Secara Rutin
Sepeda motor yaitu cerminan dari pemiliknya. Bila motornya kinclong, bersih, dan tampan, umumnya pemiliknya juga demikian. Itu bahkan sebaliknya.Nah, urusan mencuci motor ini umumnya kerap kali dilewatkan oleh pengggunanya. Apa lagi jikalau telah menjelang musim hujan. Beuh, rasanya malas betul cuci motor, berasa melaksanakan hal yang sia-sia.

Eit, tunggu dahulu. Air hujan justru akan menghancurkan penampilan motormu. Air hujan yang mengandung asam akan membikin bagian besi di motor kalian karatan dan bodi dapat jamuran. Betapa pantasnya, senantiasa rutin mencuci motormu untuk konsisten menjaga estetika motormu. Yah, paling enggak sebulan dicuci dua kali.

Isi Angin Secara Rutin
Sewaktu kuliah, aku sebagian kali terlambat menjelang kelas pengaruh ban yang kerap kali bocor. Dapat dihitung dua kali dalam sebulan aku senantiasa mengalami kebanan. Dosen aku waktu itu seketika menceramahi pentingnya mengisi angin secara rutin untuk kesehatan ban sepeda motor. Katanya, dalam seminggu, volume angin dalam ban akan terus berkurang sedikit demi sedikit. Sehingga mengakibatkan sedikit celah antara ban dalam dan ban luar.

Baca : Cairan pembersih serbaguna

Sebab ban luar lebih kasar daripada ban dalam karenanya ban dalam gampang terkikis. Selama sebulan sesudah aku memakai mengisi angin ban secara rutin seminggu sekali aku sama sekali mengalami zero kebanan. Keapesan aku tak berlanjut. Sebetulnya, dosen aku bilang rutin mengisi angin sekali dalam sepuluh hingga lima belas hari. Bagi kalian yang menerapkan ban tubles, langkah pantasnya melaksanakan pengisian angin secara rutin. Jangan hingga lupa, sebab jikalau telah kempes, anginnya bakalan keluar seluruh tanpa sisa. Pun lebih ribet.

Ganti Oli Rutin
Mengganti oli sangatlah penting untuk menjaga jeroan motor kalian konsisten ganas dan trengginas. Umumnya pihak dealer dan bengkel akan memberi masukan kalian untuk mengganti oli tiap-tiap 2.000 km atau dua bulan sekali. Tergantung, yang mana dahulu yang ditempuh. Untuk yang satu ini, jangan sekali-sekali hingga terlambat menggantinya. Dapat-dapat motor kalian turun mesin. Biayanya mahal dan tak dapat selesai dikoreksi secara pesat. Paling tak motor kalian mesti menginap dua hari di bengkel.

Jangan Terlalu Membebani Motormu
Ketika mengendarai sepeda motor, usahakan jangan terlalu berat membebaninya. Kelebihan berat yang ditanggung sepeda motormu mengakibatkan penurunan fungsi shock breaker dan roda-roda. Umumnya pihak pabrik telah menempeli stiker batas maksimum berat yang sanggup ditanggung oleh sepeda motor yang kalian miliki. Sudahlah, jangan bebani motormu lebih berat lagi. Telah cukup muatan hidupmu yang menjadi muatan baginya, hindari penerapan kerombong, apa lagi bonceng tiga.

Panasi Motor Tiap-tiap Pagi
Mentang-mentang teknologi jaman kini telah canggih terus kalian seketika geber motor tiap-tiap pagi seperti itu saja? Sedangkan teknologi makin canggih, paling tak tiap-tiap pagi kalian mesti memanaskan motor untuk menempuh kondisi stasioner dan peredaran oli telah merata dalam mesin. Yah, cukup satu menit saja, tidak perlu lama-lama. Tidak perlu digeber juga, bikin boros dan bising.

Baca juga : Pelumas rantai motor terbaik

Leave a Reply