Fungsi dan Karakteristik Hotel secara Umum

Couple near reception desk in hotel Premium Photo

Munculnya hotel dengan berbagai fasilitas sangatlah membantu untuk orang yang sedang melakukan perjalanan wisata, bisnis maupun kepentingan lain. Seseorang akan bisa fokus dalam melakukan kegiatan tanpa harus memikirkan tentang tempat tinggal sementara. Rekomendasi hotel di Bandung dapat menjadi pedoman dalam memilih hotel.

Fungsi Hotel untuk Berbagai Pihak

Seperti yang diketahui hotel bagus di Bandung memiliki fungsi sebagai tempat menginap. Selain itu hotel dapat digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti rapat, pameran, hingga promosi. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hotel untuk pihak yang bersangkutan.

  1. Fungsi hotel bagi tamu

Hotel berfungsi sebagai tempat tinggal sementara waktu untuk para tamu selama melakukan berbagai kegiatan. Tamu yang menginap akan secara otomatis mendapatkan berbagai fasilitas. Dengan demikian tamu akan merasa nyaman untuk tinggal di hotel.

  1. Fungsi hotel bagi pemilik 

Bagi pemilik hotel berfungsi untuk mendapatkan keuntungan finansial serta untuk mendapatkan kembali modal untuk pembangunannya. Prospek bisnis perhotelan akan semakin maju dengan semakin berkembangnya jumlah wisatawan.

  1. Fungsi hotel bagi karyawan

Dengan semakin banyak dan berkembangnya perhotelan di Indonesia tentu saja membutuhkan karyawan untuk berbagai pekerjaan. Fungsi hotel untuk karyawan tentu saja untuk memberikan pendapatan. Selain itu dengan bekerja di hotel maka pengalaman dan pengetahuan seseorang akan bertambah.

  1. Fungsi hotel bagi pemerintah

Fungsi hotel bagi pemerintah adalah untuk membantu meningkatkan pendapatan daerah. Hal ini karena semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan pihak hotel. Selain itu hotel akan membantu kegiatan promosi akan tempat-tempat wisata.

Karakteristik Hotel

Hotel merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi ada beberapa karakteristik hotel bagus di Bandung yang membedakannya dengan jenis usaha lain.

  • Hotel merupakan jenis usaha padat modal dan padat karya di mana dalam pembuatannya membutuhkan modal yang besar dengan pekerja dalam jumlah yang banyak pula.
  • Tidak ada kata libur dalam industri hotel. Hotel beroperasi selama 24 jam setiap hari dengan tujuan untuk melayani tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas yang ada.
  • Perkembangan hotel dipengaruhi oleh keadaan ekonomi, sosial, budaya, politik, dan keamanan di sekitar wilayah hotel.
  • Cakupan promosi dan layanan dari hotel hanya dengan jangkauan di wilayah tempat hotel berada. 
  • Tamu merupakan mitra usaha yang diperlakukan layaknya raja. Semakin banyak jumlah tamu maka semakin banyak pula pendapatan sebuah hotel.

 

Artikel Lainnya : Staycation Bandung & Wedding Venue Bandung

 

Kunjungi Juga : https://www.masonpinehotel.com/id/

Leave a Reply