Hal Penting yang Sebaiknya Kau Tahu Seputar Perawatan Beroda dan Motor Kesayanganmu

Ketika ini telah banyak si kecil muda yang dibekali kendaraan oleh orang tuanya, apalagi yang pergi merantau. Maksudnya terang bukan untuk memanjakan, tapi mempermudah mereka bepergian kapan saja dan ke mana saja.

Sayangnya, nggak jarang si kecil-si kecil muda kini cuma dapat menyetir kendaraan itu saja; tak tahu metode menservisnya, malah tidak mau mencucinya sendiri. Meskipun, pengetahuan seputar kendaraanmu sendiri itu penting, lho. Sekiranya sewaktu-waktu ada permasalahan di jalan, kau jadi nggak linglung sendiri. Pengetahuan seputar kendaraan juga dapat menghindarkan kendaraan beroda empat atau motormu dari kerusakan yang prematur.

  1. Cuci kendaraan di car wash memang praktis, tetapi mencuci sendiri mobilmu itu lebih bagus
    Ketika ini, daerah pencucian kendaraan telah ada di mana-mana. Malah, untuk kendaraan beroda empat telah ada yang otomatis. Kau nggak perlu keluar kendaraan beroda empat dan dalam 15 menit, mobilmu telah bersih dari kotoran dan debu. Kurang praktis apa lagi, ‘kan?

Namun, coba deh kau mulai meluangkan mencuci kendaraanmu sendiri, minimal seminggu sekali. Ketika mencuci, kau dapat sambil mengecek situasi kendaraanmu — tekanan udara di bannya, situasi rantai motormu, hingga keadaan mesin dan akinya. Dengan demikian itu, apabila ada kerusakan atau permasalahan, kau dapat mendeteksinya lebih dini deh.

  1. Pastikan lampu sen dan indikatormu berfungsi dengan bagus. Bila tak, kasihan orang yang berkendara di dekatmu.
    Lampu ialah salah satu bagian kendaraan yang secara khusus. Coba deh apabila nggak ada lampu, kau pasti akan susah berkendara di malam hari. Kecuali itu, lampu lain yang nggak keok penting ialah lampu sen dan lampu indikator yang ada di dekat setirmu. Lampu sen itu penting untuk senantiasa diperiksa agar nantinya di trek kau nggak menyusahkan pengendara lain dikala akan berbelok. Itu juga dengan lampu indikator, sepatutnya senantiasa berfungsi dengan bagus agar dapat menunjukkan indikator bensin, aki, atau kadar panasnya mesin.

Baca : Peralatan bengkel murah

Untuk kau yang mengendarai kendaraan beroda empat

  1. Sekiranya nggak ada ban, mobilmu mana dapat jalan. Senantiasa bersihkan brake dust dan cek tekanan bannya secara rutin
    Bagi yang belum tahu, brake dust ialah debu yang berasal dari sisa-sisa pengereman. Lazimnya, brake dust ada di jeda-jeda velg ban mobilmu, bercampur dengan kotoran lain seperti tanah dan juga pasir. Bila diizinkan mengendap, brake dust dan kotoran bisa membikin velg ban menjadi panas, lembab, dan kemudian gosong seperti terpanggang. Untuk itu, brake dust ini perlu dibersihkan dari velg ban kendaraan beroda empat, setidaknya tiap kali mobilmu dicuci komponen ini jangan hingga luput.

Nggak cuma membersihkan brake dust saja, tekanan udara di dalam ban mobilmu juga sepatutnya dicek secara rutin, paling tak seminggu sekali. Ini bertujuan agar situasi ban senantiasa solid dan nggak membahayakanmu di jalan nantinya.

  1. Air dalam radiator mempunyai peranan penting untuk membikin mesin konsisten adem. Periksalah senantiasa jumlah air dalam radiatormu sebelum berpergian
    Telah tahu ‘kan apabila radiator itu perlu diisi dengan air? Nah, fungsi dari air ini ialah untuk menolong menjaga mesin agar konsisten adem dan dapat berprofesi dengan bagus. Oleh sebab itu, penting bagimu untuk senantiasa memeriksa keadaan air di dalam radiator sebelum berpergian. Sekiranya jumlahnya telah menipis, tambahkan saja airnya. Dengan demikian itu, mesinmu nggak akan overheat, mogok, dan walhasil menimbulkan asap deh.
  2. Mesin mobilmu perlu pelumas agar dapat berprofesi dengan bagus. Gantilah oli tiap 10.000 km, agar tak merusak dan mengganggu kerja mesin
    Agar dapat berprofesi dengan halus dan optimal, mesin mobilmu membutuhkan oli untuk melapisi tiap elemennya. Nah, oli ini nggak dapat diaplikasikan selamanya, perlu diganti secara terstruktur untuk menjaga daya kerja mesin mobilmu. umroh sesuai sunnah

Metode mengenal kapan oli sepatutnya diganti cukup gampang, kok. Pertama, lihat warna oli mobilmu; apabila telah hitam, WAJIB untuk seketika diganti. Kedua, periksa stik pada daerah oli mobilmu; apabila tandanya telah mendekati LOW, kau perlu untuk menggantinya sesegera mungkin. Metode terakhir ialah memperhatikan jarak yang telah kau tempuh. Sekiranya telah mendekati angka 10.000 km, oli mobilmu sepatutnya seketika diganti dengan yang baru.

  1. Jangan bersihkan filter karburator dengan hair dryer. Lebih bagus gunakan kuas atau sikat gigi.
    Ingin berangkat ke kampus, eh mobilnya nggak dapat di-starter. Hening, jangan panik dahulu. Mobilmu belum tentu rusak, mungkin cuma filter karburatornya saja yang agak sedikit dekil. Jadi, suplai bahan bakar atau udara untuk karburator tak mencukupi.

Sekiranya kau berada dalam situasi semacam ini, seketika buka kap mesin dan cek karburator mesinnya. Cabut filter karburator, lalu bersihkan kotorannya mengaplikasikan kuas atau sikat gigi. Memang sih mengaplikasikan hair dryer dapat mempercepat luluhnya kotoran, tetapi panas yang dimunculkan dapat merusak dinding filter hal yang demikian. Jadi, jangan diaplikasikan, ya.

  1. Dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan nggak boleh “turun” dari mobilmu. Kau nggak akan tahu kapan ban mobilmu akan kempes atau bocor
    Ada 3 barang yang nggak boleh “turun” dari mobilmu, yakni dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan atau ban serep. Ketiga barang ini sepatutnya konsisten ada untuk jaga-jaga sekiranya di perjalanan nanti ban mobilmu kempes atau bocor, kau nggak lagi linglung dan dapat menggantinya sendiri.

Baca juga : Perlengkapan bengkel motor

Leave a Reply