Inovasi dari Laser Part 2

mesin laser

Laser Uap

Sementara itu, eksitasi pelepasan menghasilkan keluarga besar ion dan logam-uap laser yang memancarkan kekuatan sederhana dalam ultraviolet yang terlihat dan dekat, terutama argon, krypton, helium-cadmium, dan uap tembaga. Reaksi kimia menguatkan kelompok lain dari molekul laser inframerah, termasuk laser hidrogen-fluoride yang akhirnya mencapai ratusan kilowatt.

Steve Jacobs, Paul Rabinowitz, dan Gordon Gould di TRG Inc. (USA) mendemonstrasikan pemompaan optik uap cesium pada tahun 1962, tetapi pemompaan optik uap logam terbukti tidak praktis.

Namun, pada tahun 1966 Sorokin menunjukkan bahwa pewarna organik yang dilarutkan dalam cairan dapat dipompa secara optik, dan Bernard Soffer di Korad (AS) segera mengambil keuntungan dari pita lebar pewarna untuk mengembangkan laser pewarna yang dapat merdu dalam jangkauan luas, yang mengarah pada terobosan dalam spektroskopi laser.Laser Diode Semikonduktor

Artikel lain :
https://maximaglobalmultiteknik.com/blog/gambaran-singkat-tentang-laser/

Laser dioda semikonduktor adalah pof terlambat. Robert Hall dari General R&D R&D Labs membuat yang pertama pada tahun 1962 dan diikuti dalam beberapa minggu oleh tiga kelompok lainnya. Tetapi laser mereka membutuhkan pendinginan kriogenik dan tidak bisa memancarkan secara terus menerus. Tidak sampai tahun 1970 bahwa pengembangan heterojunctions semikonduktor memungkinkan operasi suhu kamar selama beberapa detik, dengan Zhores Alferov dari Institut Ioffee Rusia mengalahkan Bell Labs.

Butuh waktu bertahun-tahun pengembangan yang melelahkan untuk memperpanjang masa hidup yang cukup untuk membuat laser dioda dapat digunakan. Ketika Laser Diode Laboratories (AS) memperkenalkan laser dioda CW suhu kamar komersial pertama pada tahun 1975, ia dinilai memancarkan sekitar beberapa miliwatt selama beberapa ribu jam, dan menelan biaya beberapa ribu dolar (AS).

Pada saat itu, teknologi laser dioda berkembang pesat, didukung oleh minat pada sistem komunikasi serat optik. Generasi pertama sistem serat optik menggunakan laser gallium-arsenide yang memancarkan pada 850 nanometer, tetapi sama seperti Bell Labs yang melaporkan masa hidup yang diekstrapolasi sejuta jam untuk laser GaAs, Masaharu Horiguchi dari NTT (Jepang) membuka jendela serat yang lebih rendah pada 1300 dan 1550 nm. J. Jim Hseih dari MIT Lincoln Laboratory (USA) mengembangkan laser dioda InGaAsP yang dipancarkan di jendela-jendela itu, kemudian memulai perusahaannya sendiri, Lasertron, untuk membuatnya.

Laser GaA menemukan relung yang berbeda. Yang terbesar dalam angka adalah penyimpanan data optik pada CD audio dan CD-ROM. Laser GaAs juga dapat dirakit menjadi array yang dikemas dengan ketat yang ketika didinginkan dapat memancarkan kilowatt cahaya.Penggunaan Laser Hari Ini

Saat ini laser GaA 808-nm telah menjadi sumber pompa umum untuk laser neodymium solid-state, menggantikan pemompaan lampu untuk banyak aplikasi karena pemompaan dioda jauh lebih efisien.

Kisaran aplikasi dioda-laser luas dan menakjubkan di kedua ekstrem. Sungguh luar biasa melihat laser neodymium yang dipompa dengan dioda, frekuensi dua kali lipat yang dikemas dalam pointer laser hijau berukuran baterai, tersedia di Internet dengan harga di bawah US $ 50.

Awal tahun ini, Northrop Grumman menunjukkan laser neodymium yang dipompa dengan dioda besar yang menghasilkan sinar 105-kW selama lima menit padat. Langkah selanjutnya dalam program yang disponsori militer adalah uji coba lapangan terhadap target potensial dan mengembangkan versi yang cukup kompak untuk digunakan sebagai senjata laser berenergi tinggi yang dipasang di pesawat atau truk.

Pemompaan dioda dan komunikasi serat optik juga membantu serat laser masuk ke arus utama. Eksperimen David Payne dengan laser serat erbium di Southampton University (UK) menyebabkan pengembangan penguat serat untuk jendela komunikasi 1550-nm, di mana mereka menjadi bagian dari tulang punggung jaringan telekomunikasi global. Sementara itu, memancarkan laser serat ytterbium telah mengukir ceruk dalam pengolahan bahan industri, memberikan ratusan atau ribuan watt.

IPG Photonics (USA) baru saja melaporkan 10 kilowatt mengejutkan dari laser serat mode tunggal. Laser serat multimode telah mencapai 50 kW, dan “luar biasa seperti kelihatannya” sedang digunakan untuk digunakan sebagai senjata laser jarak pendek karena ukurannya yang kecil dan efisiensi yang tinggi.

Baca :
https://maximaglobalmultiteknik.com/blog/5-alasan-untuk-membeli-mesin-laser-untuk-bisnis-anda/

Leave a Reply