Ragam – Ragam Batu Gerinda

Gerinda Tangan – Dalam mensupport kerja mesin gerinda, dibutuhkan sebuah bagian utama kerja mesin hal yang demikian yakni batu gerinda. Batu gerinda atau yang lazim disebut juga dengan mata gerinda diterapkan sebagai pengasah, pengikis, pemotong, ataupun mengamplas obyek yang akan kita kerjakan.

Baca juga : Pompa Air

Dari beraneka ragam mesin gerinda yang sudah kita bahas sebelumnya, batu gerinda malah mempunyai tipe-tipe tersendiri cocok dengan kegunaan maupun fungsi yang kita inginkan. Berikut kita simak tipe – tipe batu gerinda :

  1. Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)
    Batu gerinda asah atau grinding wheel ini yaitu batu gerinda yang paling lazim diaplikasikan dalam cara kerja logam. Dipakai untuk mengikis permukaan logam besi, baja dan stainless steel. Batu gerinda ini mempunyai spesifikasi khusus cocok tipe logam peruntukkannya.
  2. Batu Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)
    Mata batu gerinda ini umumnya diterapkan untuk mengikis permukaan logam khusus pada zona-zona yang terbatas/sempit. Mata Gerinda Fleksibel ini juga bisa diterapkan untuk memotong logam, tapi kelemahannya yang diciptakan dari fungsi ini yakni zona yang terpotong akan lebih banyak atau lebar ketimbang dengan mengaplikasikan batu gerinda potong. – Mesin Steam
  3. Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)
    Layak dengan namanya, batu gerinda ini berfungsi untuk mengerjakan pemotongan pada media logam, bagus untuk besi mildsteel, baja, sampai stainless steel, tentunya dengan menyesuaikan spesifikasi pada produk hal yang demikian. Wujudnya seperti piringan pipih. Celah potong yang diciptakan lebih tipis dibandingi batu gerinda fleksibel sebab mempunyai ketebalan 3 – 8 mm.
  4. Mata Gerinda Sikat (Steel Wire Brush)
    Mata gerinda sikat ini berfungsi untuk membersihkan komponen-komponen permukaan logam dari adanya kotoran, seperti karat, kerak serta imbas pelaksanaan oksidasi pada permukaan logam. Sikat gerinda ini juga berfungsi untuk mengelupas lapisan permukaan kulit luar kayu, dengan tujuan untuk menghilangkan lapisan hal yang demikian.
    Ada dua tipe Mata Gerinda Sikat ini, yakni piringan sikat (steel wheel wire brush) dan mangkok sikat (cup wire brush).
  5. Mata Gerinda Amplas Susun (Flap Disc)
    Mata gerinda amplas susun ini berfungsi untuk mengikis permukaan, bagus pada permukaan logam ataupun pada permukaan kayu yang bertujuan untuk menghasikan finishing permukaan yang rata dan halus. Layak namanya, mata gerinda amplas susun ini berbentuk piringan dari susunan lembaran kertas amplas. Dipakai untuk mengikis dan menghaluskan permukaan logam dan kayu.
  6. Mata Gerinda Amplas Datar (Fibre Disc)
    Hampir sama dengan Flap Disc, mata gerinda ini mempunyai fungsi untuk mengikis permukaan, bagus pada permukaan logam ataupun pada permukaan kayu yang bertujuan untuk menghasikan finishing permukaan yang rata dan halus.
    Berbentuk piringan dari susunan lembaran kertas amplas. Berbentuk piringan amplas datar. Dipakai bersama rubber pad agar penekanannya total untuk menjadikan finishing yang lebih halus.
  7. Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)
    Pisau potong keramik ini mempunyai dua tipe, yakni tipe berair yang cara kerjanya dibutuhkan air sebagai pelumasan, dan tipe kering yang tak perlu dilumasi air. Layak dengan namanya pisau ini berfungsi untuk memotong keramik.
  8. Mata Gerinda Tembok (Diamond Turbo Disc)
    Fungsi dari mata gerinda ini yaitu sebagai pengikis pada bidang permukaan semen, tembok, dan marble/granit yang bertujuan untuk menjadikan permukaan yang rata dan untuk meratakan serta mengikis sisi dari granit untuk menjadikan lekukan cocok pola yang diharapkan.
  9. Mata Pisau Potong Kayu (Circular Saw)
    Dipakai untuk memotong material kayu. Mata gerinda ini diciptakan dari baja dengan TCT (Tungstaen Carbide Tipped) pada komponen ujung mata gergajinya, sehingga mempunyai tingkat kekerasan tinggi dan tak gampang rusak ketika mengerjakan pemotongan. Pada varian produknya, circular saw diwujudkan dengan beraneka jumlah mata gerigi yang lazim disebut teeth.

Artikel Lain : https://www.teknikmart.com/mesin-perkebunan-dan-pertanian/mesin-perkebunan/potong-rumput.html

Leave a Reply