Kiat memelihara rantai dan gir set sepeda motor

Salah satu bagian sepeda motor yang sering disepelekan pemotor merupakan rantai. Meskipun rantai motor mempunyai peranan yang betul-betul penting, jadi tak dapat diremehkan demikian itu saja. Apalagi di musim penghujan seperti kini, kerap-seringlah lebih melihat rantai dan gir set sepeda motor Anda. Tetapi pada dasarnya, rantai turunan pabrik telah memakai teknologi O-ring yang tak lagi diberikan pelumas tambahan. Sebab rantai motor macam ini sudah mempunyai pelumas khusus di dalamnya. Tetapi demikian, dalam perjalanannya konsisten dibutuhkan perawatan dengan pelumas khusus rantai (chain lube) untuk memperpanjang umur pakainya.

Dalam merawat rantai, tak direkomendasikan untuk menerapkan oli bekas atau bensin untuk membersihkan, sebab ini justru pun membikin usia gunakan rantai menjadi pendek. Melumasi rantai dengan oli bekas justru akan mengikat kotoran yang ada diluar. Karena pada lazimnya rantai tak diberikan penutup sehingga lantas berkaitan dengan luar, akhirnya kotoran gampang melekat. Terutama oli bekas yang diaplikasikan melumasi telah terkontaminasi kotoran mesin.

Baca : Anti karat

Idealnya rantai motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 kali dalam seminggu dan dianjurkan mengencangkan rantai sebulan sekali. Bagi pemakai motor sport, dianjurkan memakai rantai berkwalitas dengan spesifikasi ringan dan tak membutuhkan perawatan yang ribet.

Bagi motor yang dimodifikasi, perlu penyesuaian antara ukuran gir dan rantai. Jangan hingga motor modifikasi dengan putaran kencang memakai gir set standar. Tidak lupa amati gir depan. Kebanyakan pemotor cuma melihat gir belakang. Bukalah tutup gir depan, kerap-seringlah dipandang dan dibersihkan. Idealnya pergantian gir set dikerjakan jikalau penggunaan telah menempuh 40.000 km. Tak problem mencontoh isu terhangat memakai gir set warna-warni, sebab itu cuma problem selera tak memberi pengaruh sistem perawatan dan kinerja. Bila terpaksa melaksanakan pemotongan mata rantai, amati juga umur pakainya. Bila masa gunakan masih 3 bulan, tidak problem rantai dipotong. Lazimnya mekanik berpengalaman tahu berapa lama usia gunakan rantai. Tetapi jikalau ragu dan lebih safety, ada bagusnya mengganti dengan yang baru. Tapi untuk rantai motor Kawasaki Ninja, tak disarankan rantai dipotong jikalau telah kendor.

Terakhir, betul-betul direkomendasikan untuk membeli gir set yang berkwalitas demi kenyamanan dan keamanan Anda dikala berkendara.

Terkait : Contact Cleaner

Leave a Reply