Lebih bagus mana, melumasi rantai dengan oli bekas atau minyak goreng?

Sua lagi pembaca, tulisan jelang mudik lebaran wes pasti isinya perihal kiat dan info perihal mudik, dan selamat datang terhadap pelanggan lama dan pelanggan baru serta terima beri masih loyal mantengin blog ini, tulisan kali ini mengacu perihal fenomena melumasi rantai, remeh melainkan gak banyak yang tau kelebihan dan kekurangannya pokokā€™e rantai gak gembrasak/bising aja.

Bagi beberapa rider kalo menemui di bengkel-bengkel pasti sesudah menyetel rantai melumasinya dengan oli, sesungguhnya bagus gak sih melumasi dengan oli itu, sebab ada yang berkata gak bagus ada juga yang gak keadaan sulit, nah disini otobalancing kebetulan mendapatkan pencerahan dari sumber yang terpercaya perihal hal ini.

Baca : Carburator cleaner

Umur rantai sepeda motor umumnya akan lebih pendek sekiranya kerap terkena air, debu serta minimnya perawatan yang diberi. Air diceritakan bisa membikin rantai mengalami korosi dan debu bisa menyebabkan rantai pesat kendur.

Perawatan paling gampang untuk mencegah hal hal yang demikian terjadi ialah melumasi rantai motor dengan pelumas/oli, banyak pengendara atau bengkel lebih memilih menerapkan oli mesin bekas untuk melumasi rantai.

Pertanyaannya, benarkah metode demikian?
Pengaplikasian oli bekas itu tak direkomendasikan, sebab bisa membikin rantai motor lebih pesat kendur dan melar. Sehingga lebih bagus rantai motor itu menerapkan pelumas rantai dan hindari penerapan oli bekas.

Pengaplikasian oli bekas itu bisa merusak bagian-bagian yang ada dirantai, seperti o-ring. Sehingga rantai motor itu sepatutnya menerapkan pelumas tersendiri, seperti chain lube (pelumas khusus rantai)

Trus bagaimana dengan Minyak Goreng?
Kebetulan aku termasuk yang melaksanakan hal ini, dan bahan juga pembaca, kan, nah bagaimana nih perihal minyak goreng, aman atau tak?

Mengambil kabar dari WeLove Honda bahwa menerapkan oli bekas untuk rantai juga tak direkomendasikan. Karena, penerapan oli bekas justru akan membikin kotoran kian pesat melekat di rantai. Kecuali jadi pesat dekil dan tidak elok diamati mata, tentunya memengaruhi performa rantai.

Baca juga : Pelumas anti karat

Lalu bagaimana jikalau pelumas rantai habis? Rupanya ada opsi daruratnya. Anda dapat menerapkan minyak goreng buat melumasi rantai. Tetapi demikian, jangan gunakan minyak jelantah.

Keunggulan menerapkan minyak goreng buat melumasi rantai ialah warnanya yang jernih sehingga rantai menonjol bersih. Kecuali itu, minyak goreng tentu lebih gampang didapatkan. Tetapi tentunya penerapan minyak goreng juga punya kelemahan. Salah satunya ialah kekuatan tahannya yang tak sekuat pelumas rantai. Jadi Anda semestinya kerap-kerap mengecek situasi rantai, apakah telah kering atau belum.

Semoga berkhasiat ya masbro, itung-itung nambah pengetahuan, dan jikalau anda menyukai dan mengambil manfaat dari tulisan ini bantu bagikan agar akan banyak yang mengenal kabar ini, dan sebelum keluar jangn lupa untuk subcribe dengan mencantumkan domisili e-mail di kolom bawah yang tersedia supaya anda secara otomatis akan menerima info terupdate dari Otobalancing.

Leave a Reply